APRESIASI
TARI
Disusun Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pendidikan Seni
Tari Dan Drama
Dosen
Pengampu : Dra. Endang Warianti, M.Pd
![]() |
Disusun
Oleh :
KHUSNUL KHOTIMAH
10.1.01.10.0204
Kelas : 3D
PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2012
APRESIASI TARI
1. Seni
Tari Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak
A.
Seni
Tari meningkatkan pertumbuhan fisik, mental dan estetik

Analisis
/ Interpretasi :
Dalam gambar tersebut merupakan
merupakan gerak maknawi karena geraknya merupakan gerak wantah yang sudah
diolah menjadi suatu gerakan tari. Melalui gerakan tari yang ditunjukkan oleh
gambar posisi badan yang tegak semampai serta gerakan tangan yang mengikuti
irama gendang bentuk fisik anak akan tertata begitu juga mentalnya. Meskipun
gerakan tersebut sederhana namun tetap terdapat keindahan di dalamnya karena
kostum yang dikenakan, make up dan riasnya serta ekspresi wajah dari si
penarinya.
B.
Memberikan sumbangan kearah sadar
diri
Melalui kegiatan seni tari keunikan anak akan terbina, dengan begitu
anak bisa mengenal dirinya dengan baik. Hal ini memungkinkan kemandirian anak
dapat berkembang yang menyebabkan tumbuhnya inisiatif, kemanpuan mengkritik,
kepemimpinan dan kreativitas. Anak akan merasakan arti kehadirannya, terutama
bila diberi kepercayaan melalui peran-peran tertentu dalam suatu kegiatan
berkesenian. Mereka akan senang dan aktif melakukan tugas-tugas yang diberikan
guru seperti pencarian gerak-gerak binatang, gerak keseharian yang kemudian
didiskusikannya.
![]() |
Analisis
/ Interpretasi :
Pada gambar terlihat salah satu gerakan
tari midhat midhut, gerakan dengan formasi/pola yang indah menuntut untuk
kerjasa antar penari. Gerakan tangan yang diangkat serta kepala yang
digelengkan menunjukkan keunikan tersendiri dari tari tersebut untuk
mengembangkan kreatifitas anak/penari. Tari midhat midhut merupakan tari
anak-anak yang menuntut kelincahan dan keulesan gerakan penarinya.
C.
Seni
Tari membantu imajinasi kreasi
Imajinasi yang berkenaan dengan
kegiatan kreatif siswa merupakan hal yang vital. Kegiatan kreatif siswa
ditunjukkan untuk mendorong daya imajinasi kreatif dalam menari. Oleh karena
itu guru harus berupaya mencari berbagai
cara agar siswa terangsang daya kreatifnya yang kemudian secara bertahap
memupuk dan mengarahkan hasil eksperimennya. Untuk menumbuhkan dan memupuk daya
imajinasi kreasi anak merupakan usaha yang baik dan dapat dilakukan dengan cara
memberikan
berbagai rangsangan atau stimulus.

Analisis
/ Interpretasi :
Pada
gambar terlihat salah satu gerakan tari bermain yang mengungkapkan bahwa si
penari sedang mengajak untuk bemain dengan gerakan kedua tangan melambai ke
atas seperti tersirat kata “ayo??”. Yang berarti ayo kita bermain. Melalui
gerakan tersebut anak dibina untuk melakukan daya imajinasi yang kreatif, yaitu
berimajinasi mengajak penonontonnya untuk bermain melalui gerakan yang kreatif
dan indah.
D.
Seni
Tari memberi sumbangan kearah pemecahan masalah.
Pemecahan masalah memiliki peran penting baik dalam pendidikan maupun dalam
kehidupan sehari-hari. Dalam aktivitas
seni tari dapat memunculkan gagasan-gagasannya yang menjadi benar-benar
kongkrit. Motivasi guru memang dangat diperlukan agar anak selalu dapat
menyelesaikan persoalan sendiri. Jika belum dapat dianjurkan agar diselesaikan
antar teman sampai mempunyai keputusan-keputusan tertentu. Manusia akan selalu
menghadapi masalah, sehingga melalui
kegiatan tari siswa SD dan MI juga terlatih untuk memecahkan masalah.
![]() |
Analisis
/ Interpretasi :
Dalam tari tersebut pengamat berusaha
menghayati peran penari menggambarkan menceritakan tentang kehidupan masyarakat
Lamongan yang sebagian besar adalah masyarakat petani. Tari ini menggambarkan
proses para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga
memanen. Tari Caping Ngancak menceritakan
tentang kehidupan dan kegiatan sehari-hari petani. Antara lain, berangkat dari
rumah, bertanam padi, hingga panen.
E.
Seni Tari Memberikan Sumbangan
Kepada Perkembangan Kepribadian
Dewasa ini penilaian terhadap keberhasilan
pendidikan dilihat pada ada atau tidak adanya perkembangan kepribadian, karena
kepribadian diri dipandang penting dalam suatu kehidupan. Ekspresi bebas dalam
masyarakat merupakan penyesuaian emosional itu akhirnya mematangkan
kepribadian. Usaha-usaha mematangkan kepribadian dalam seni tari dapat
dilakukan guru dengan cara membantu penyelesaian penyesuaian rasa emosionalnya,
membantu menghilangkan perasaan terikat, perasaan takut, membantu menekan
kekecewaan, memberikan kepercayaan serta mendorong anak agar selalu berbuat
positif.
![]() |
Analisis
/ Interpretasi :
Terlihat pada gambar gerakan penari
yang lemah lembut dan lemah gemulai, Matanya berkedip-kedip sambil mengayunkan
lengan dan jentikan jemarinya dengan mantap. Selain itu Sesekali mereka berlari ke samping, ke
depan dan suatu ketika bergerombol sambil memainkan caping (topi petani) nya. Sejenak
kemudian, sang penari pun terlihat berjalan membungkuk. Layaknya orang sedang
memanggul beban berat di punggungnya.
2.
Seni
Tari Membina Perkembangan Estetik
Seni Tari adalah proses mewujudkan
perasaan dengan melibatkan kesadaran estetik dan keputusan kritis. Orang yang
telah berkembang perasaan estetiknya dan sanggup mengapresiasi kualitas seni
dan pengalaman sehari-hari. Ekspresi berkedudukan vital dalam pendidikan seni
tari. Seni tari-drama memberikan dorongan terhadap kelangsungan ekspresi
anak-anak karena setiap kegiatan seni selalu menyajikan kesempatan bagi anak
didik untuk mempertahankan kebebasan berekspresi. Daya kreatif berbeda dengan
bakat dalam seni. Seni disajikan bagi semua anak, baik yang mempunyai bakat
maupun tidak. Tujuan pendidikan seni tari di SD bukan untuk mengembangkan bakat
seni tari melainkan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak.
![]() |
Analisis
/ Interpretasi :
Pada gambar diatas terlihat gerakan tari
bermain, kedua tangan yang bergerak keatas serta gerakan kaki yang mengikuti
irama gendang dan musik yang mengartikan bahwa si penari sedang bemain bersama
dengan riangnya. Ekspresi yang diperlihatkan penari menandakan kegembiraan
seorang anak yang asyk bermain bersama dengan teman-temannya. Potensi yang
dimiliki anak dapat terlihat melalui gerakan-gerakan pada tari.
3.
Seni
Tari Membantu Menyempurnakan Kehidupan
Peristiwa-peristiwa kehidupan mendorong
ekspresi yang akan mendatangkan pengetahuan bagi anak didik. Sebaliknya,
keingintahuan anak mengenai kehidupan, mengimajinasi kehidupan, akan
menyemppurnakan kehidupan anak. Oleh karena itu seni tari dapat memberikan bantuan menyempurnakan kehidupan anak didik
yang antara lain ditunjukkan dengan kehidupan yang kreatif dan kehidupan sosial
yang baik.
Ekspresi seni tari dapat berlangsung
dalam kegiatan individu meupun kegiatan kelompok. Ini berarti
kebiasaan-kebiasaan sosial dikembangkan secara baik, seperti kerjasama,
tanggung jawab, percaya diri sendii dan inisiatif. Untuk maksud itu pendidikan
seni tari-drama perlu direncanakan dalam setiap kegiatan-kegiatan yang meliputi
kehidupan di rumah dan di masyarakat.

Analisis
/ Interpretasi :
Pada gambar
terlihat gerakan tari yang menggambarkan para petani
yang menuai hasil panen mereka yang diibaratkan dalam gerakan seperti memikul
hasil panen dari ladang. Gerakan
tersebut merupakan bentuk ekspresi dari kehidupan nyata yang dituangkan dalam
karya seni tari.
Harrah's Casino and Resort, Reno | Mapyro
BalasHapusHarrah's Casino and Resort, Reno is 보령 출장샵 an exciting casino on the Reno 포항 출장마사지 waterfront with lots of slots, 서울특별 출장샵 live 세종특별자치 출장샵 entertainment, great 광양 출장샵 food,