Jumat, 23 November 2012

Apresiasi Tari


APRESIASI TARI

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pendidikan Seni Tari Dan Drama

Dosen Pengampu : Dra. Endang Warianti, M.Pd


 









Disusun Oleh :
KHUSNUL KHOTIMAH
10.1.01.10.0204
Kelas : 3D

PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2012
APRESIASI TARI
1.      Seni Tari Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak
A.    Seni Tari meningkatkan pertumbuhan fisik, mental dan estetik
Pertumbuhan fisik anak dalam pengalaman seni ditunjukkannya adanya perkembangan motoriknya melalui gerak bebas dalam menari. Kegiatan semacam ini memberikan kesempatan fisik untuk tumbuh sempurna dan secara langsung mental juga berkembang. Karena kegiatan-kegiatan dalam melakukan gerak-gerak tari juga melibatkan kesadaran estetik, maka pertumbuhan estetik juga mendapat kesempatan untuk tumbuh.









                                                                                                                                                                              

Analisis / Interpretasi :
Dalam gambar tersebut merupakan merupakan gerak maknawi karena geraknya merupakan gerak wantah yang sudah diolah menjadi suatu gerakan tari. Melalui gerakan tari yang ditunjukkan oleh gambar posisi badan yang tegak semampai serta gerakan tangan yang mengikuti irama gendang bentuk fisik anak akan tertata begitu juga mentalnya. Meskipun gerakan tersebut sederhana namun tetap terdapat keindahan di dalamnya karena kostum yang dikenakan, make up dan riasnya serta ekspresi wajah dari si penarinya.


B.     Memberikan sumbangan kearah sadar diri
Melalui kegiatan seni tari  keunikan anak akan terbina, dengan begitu anak bisa mengenal dirinya dengan baik. Hal ini memungkinkan kemandirian anak dapat berkembang yang menyebabkan tumbuhnya inisiatif, kemanpuan mengkritik, kepemimpinan dan kreativitas. Anak akan merasakan arti kehadirannya, terutama bila diberi kepercayaan melalui peran-peran tertentu dalam suatu kegiatan berkesenian. Mereka akan senang dan aktif melakukan tugas-tugas yang diberikan guru seperti pencarian gerak-gerak binatang, gerak keseharian yang kemudian didiskusikannya.


 











Analisis / Interpretasi :
Pada gambar terlihat salah satu gerakan tari midhat midhut, gerakan dengan formasi/pola yang indah menuntut untuk kerjasa antar penari. Gerakan tangan yang diangkat serta kepala yang digelengkan menunjukkan keunikan tersendiri dari tari tersebut untuk mengembangkan kreatifitas anak/penari. Tari midhat midhut merupakan tari anak-anak yang menuntut kelincahan dan keulesan gerakan penarinya.


C.    Seni Tari membantu imajinasi kreasi
Imajinasi yang berkenaan dengan kegiatan kreatif siswa merupakan hal yang vital. Kegiatan kreatif siswa ditunjukkan untuk mendorong daya imajinasi kreatif dalam menari. Oleh karena itu guru harus  berupaya mencari berbagai cara agar siswa terangsang daya kreatifnya yang kemudian secara bertahap memupuk dan mengarahkan hasil eksperimennya. Untuk menumbuhkan dan memupuk daya imajinasi kreasi anak merupakan usaha yang baik dan dapat dilakukan dengan cara memberikan berbagai rangsangan atau stimulus.
Kemampuan daya khayal atau imajinasi anak berbeda antara yang satu dengan lainnya. Oleh karena itu untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam melakukan eksplorasi gerak bimbingan dan dorongan serta rangsangan daya cipta yang diberikan guru sangat diperlukan. Hal ini akan membantu serta mengarahkan siswa dalam proses pengungkapan gerak, sehingga daya imajinasi kreatif siswa tumbuh dan berkembang.









Analisis / Interpretasi :
Pada gambar terlihat salah satu gerakan tari bermain yang mengungkapkan bahwa si penari sedang mengajak untuk bemain dengan gerakan kedua tangan melambai ke atas seperti tersirat kata “ayo??”. Yang berarti ayo kita bermain. Melalui gerakan tersebut anak dibina untuk melakukan daya imajinasi yang kreatif, yaitu berimajinasi mengajak penonontonnya untuk bermain melalui gerakan yang kreatif dan indah.
D.    Seni Tari memberi sumbangan kearah pemecahan masalah.

Pemecahan masalah memiliki peran penting baik dalam pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam aktivitas  seni tari dapat memunculkan gagasan-gagasannya yang menjadi benar-benar kongkrit. Motivasi guru memang dangat diperlukan agar anak selalu dapat menyelesaikan persoalan sendiri. Jika belum dapat dianjurkan agar diselesaikan antar teman sampai mempunyai keputusan-keputusan tertentu. Manusia akan selalu menghadapi masalah, sehingga  melalui kegiatan tari siswa SD dan MI juga terlatih untuk memecahkan masalah.


 











Analisis / Interpretasi :
Dalam tari tersebut pengamat berusaha menghayati peran penari menggambarkan menceritakan tentang kehidupan masyarakat Lamongan yang sebagian besar adalah masyarakat petani. Tari ini menggambarkan proses para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen. Tari Caping Ngancak menceritakan tentang kehidupan dan kegiatan sehari-hari petani. Antara lain, berangkat dari rumah, bertanam padi, hingga panen.


E.     Seni Tari Memberikan Sumbangan Kepada Perkembangan Kepribadian

Dewasa ini penilaian terhadap keberhasilan pendidikan dilihat pada ada atau tidak adanya perkembangan kepribadian, karena kepribadian diri dipandang penting dalam suatu kehidupan. Ekspresi bebas dalam masyarakat merupakan penyesuaian emosional itu akhirnya mematangkan kepribadian. Usaha-usaha mematangkan kepribadian dalam seni tari dapat dilakukan guru dengan cara membantu penyelesaian penyesuaian rasa emosionalnya, membantu menghilangkan perasaan terikat, perasaan takut, membantu menekan kekecewaan, memberikan kepercayaan serta mendorong anak agar selalu berbuat positif.


 












Analisis / Interpretasi :
Terlihat pada gambar gerakan penari yang lemah lembut dan lemah gemulai, Matanya berkedip-kedip sambil mengayunkan lengan dan jentikan jemarinya dengan mantap. Selain itu Sesekali mereka berlari ke samping, ke depan dan suatu ketika bergerombol sambil memainkan caping (topi petani) nya. Sejenak kemudian, sang penari pun terlihat berjalan membungkuk. Layaknya orang sedang memanggul beban berat di punggungnya.
2.      Seni Tari Membina Perkembangan Estetik
Seni Tari adalah proses mewujudkan perasaan dengan melibatkan kesadaran estetik dan keputusan kritis. Orang yang telah berkembang perasaan estetiknya dan sanggup mengapresiasi kualitas seni dan pengalaman sehari-hari. Ekspresi berkedudukan vital dalam pendidikan seni tari. Seni tari-drama memberikan dorongan terhadap kelangsungan ekspresi anak-anak karena setiap kegiatan seni selalu menyajikan kesempatan bagi anak didik untuk mempertahankan kebebasan berekspresi. Daya kreatif berbeda dengan bakat dalam seni. Seni disajikan bagi semua anak, baik yang mempunyai bakat maupun tidak. Tujuan pendidikan seni tari di SD bukan untuk mengembangkan bakat seni tari melainkan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak.


 










Analisis / Interpretasi :
Pada gambar diatas terlihat gerakan tari bermain, kedua tangan yang bergerak keatas serta gerakan kaki yang mengikuti irama gendang dan musik yang mengartikan bahwa si penari sedang bemain bersama dengan riangnya. Ekspresi yang diperlihatkan penari menandakan kegembiraan seorang anak yang asyk bermain bersama dengan teman-temannya. Potensi yang dimiliki anak dapat terlihat melalui gerakan-gerakan pada tari.

3.      Seni Tari Membantu Menyempurnakan Kehidupan
Peristiwa-peristiwa kehidupan mendorong ekspresi yang akan mendatangkan pengetahuan bagi anak didik. Sebaliknya, keingintahuan anak mengenai kehidupan, mengimajinasi kehidupan, akan menyemppurnakan kehidupan anak. Oleh karena itu seni tari dapat memberikan  bantuan menyempurnakan kehidupan anak didik yang antara lain ditunjukkan dengan kehidupan yang kreatif dan kehidupan sosial yang baik.
Ekspresi seni tari dapat berlangsung dalam kegiatan individu meupun kegiatan kelompok. Ini berarti kebiasaan-kebiasaan sosial dikembangkan secara baik, seperti kerjasama, tanggung jawab, percaya diri sendii dan inisiatif. Untuk maksud itu pendidikan seni tari-drama perlu direncanakan dalam setiap kegiatan-kegiatan yang meliputi kehidupan di rumah dan di  masyarakat.
Kegiatan seni yang mengembangkan pengalaman individu dan sosial akan menjadikan anak-anak lebih sadar terhadap efisiensi secara ekonomis dalam masyarakat. Secara individu anak belajar mengenal perbedaan antara keterampilan yang baik dan yang jelek, menemukan benda-benda yang berwajah menarik dan tidak menarik. Secara sosial, anak dapat mengembangkan pilihan dan pendapatnya kepada masyarakat.







Analisis / Interpretasi :
Pada gambar terlihat gerakan tari yang menggambarkan para petani yang menuai hasil panen mereka yang diibaratkan dalam gerakan seperti memikul hasil panen dari ladang. Gerakan tersebut merupakan bentuk ekspresi dari kehidupan nyata yang dituangkan dalam karya seni tari.

1 komentar:

  1. Harrah's Casino and Resort, Reno | Mapyro
    Harrah's Casino and Resort, Reno is 보령 출장샵 an exciting casino on the Reno 포항 출장마사지 waterfront with lots of slots, 서울특별 출장샵 live 세종특별자치 출장샵 entertainment, great 광양 출장샵 food,

    BalasHapus